IMG-20181102-WA0009(1)_edited.png

Kurikulum SMPIT

K-13 dengan pendekatan STEM

Kolaborasi kurikulum nasional dan kurikulum STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic) menjadi kurikulum khas SMPIT Rahmaniyah yang terintegrasi dalam mata pelajaran Teknologi Terpadu dengan menerapkan prinsip PGBU (Pikir, Gambar, Buat, Uji), serta ditunjang dengan program-program khas seperti TEAMS Tour, TEAMS Experience Day, TEAMS Fest, dan Robotic Class, dan ditunjang dengan program Tahfidz Quran untuk membangun akhlak qurani siswa.

Variasi metode pembelajaran berpusat pada siswa (Student Center) dengan pelaksanaan pembelajaran tidak hanya dilakukan secara indoor learning tetapi juga mendorong siswa dan guru untuk banyak bereksperimen di luar kelas (outdoor learning, sehingga menumbuhkan minat dan motivasi belajar siswa.

Kurikulum SMAIT Rahmaniyah

       Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang beragam mengacu pada standar nasional pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan pendidikannasional. Standar nasional pendidikan terdiri atas Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan dan Standar Penilaian Pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut, yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulum. Meskipun demikian Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dapat diperkaya menjadi kurikulum yang berstandar nasional dan berkeunggulan lokal, dan atau kurikulum yang berstandar nasional. Upaya sekolah  menjembatani  harapan yang tinggi dari masyarakat Kota Depok yang berpegang teguh pada adat,budaya serta memiliki jiwa wirausaha,maka kurikulum SMAIT Rahmaniyah adalah kurikulum operasional berbasis karakter islami , kewirausahaan yang terintegrasi dengan seluruh mata pelajaran , muatan lokal dan pengembangan diri.

        SMAIT Rahmaniyah sebagai bentuk lanjutan dari unit SMPIT Rahmaniyah memadukan kurikulum nasional K13 dan kurikulum Islam Terpadu dengan menggunakan pendekatan STEM memiliki tujuan  dengan adanya pendekatan STEM diharapkan siswa dan siswi dapat berpikir secara holistik dan mengaplikasikan keilmuan yang mereka pelajari untuk disatukan dalam sebuah  project yang memberi manfaat untuk lingkungan.